Nama lengkap Ibnu Taimiyah adalah Ahmad Taqiyyuddin Abdul ‘Abbas bin
Syihabuddin, Abu Mahasin Abd.Halim bin Majduddin, Abil Barakat bin ‘Abdis Salam
bin Abi Muhammad ‘Abdullih bin Abi
Utsman Al-Khadar bin Muhammad bin Al-Khadar bin ‘Ali bin ‘Abdillah.[1] Beliau
dilahirkan dari keluarga cendiawan dan ulama ternama bermadzhab Hanbali [2]pada hari
Senin, 10 Rabi’ul Awwal tahun 661 H di desa Harran, sebuah desa yang terletak
di antara Syam dan Irak (sekarang berada di sebelah tenggara Turki sekarang).
Beliau lahir di saat mulai meletusnya gelombang ekspansi bangsa Mongol (Tartar)
ke beberapa wilayah sekitarnya termasuk Timur Tengah.
Sejak kecil, Ibnu Taimiyah telah terlihat
tanda-tanda kecerdasannya. Ketika berumur belasan tahun, ia sudah menguasai dan
mendalami ilmu ushuluddin, tafsir, hadis dan bahasa arab yang didapat secara
otodidak dan belajar dari para alim, di antaranya adalah ibnu Abd al-Dâim , Ibnu abi al-Yusr, ibnu Abdin,
Syamsuddin al-Hambali, Qadhi
Syamsuddin bin Atha al-Hanafi, syaikh
Jamaluddin bin Shoyrafî, Majd al-Dîn bin Asâkir, syaikh Jamaluddin al- Baghdadi, Najib bin Miqdad, Ibnu abi al-Khair, Ibnu Allân, ibnu Abi Bakr al- Harawi, Kamal Abdur rahim, Fakhr Ali, Ibnu Syaibân, Syaraf bin Qawwâs dan Zainab binti Makki, dan banyak lagi.[3]
Kecerdasan dan kemampuan Ibnu Taimiyah telah
mengantarkannya menjadi ulama besar bermadzhab Hanbali yang disegani. Beliau
tidak hanya menguasai ilmu fiqh, tetapi juga tokoh dibidang ushuluddin[4] yang
mengundang detak kagum bagi para muridnya, di antaranya Qadhi al-Khuwaini, Ibnu Daqiq al-Ied, Ibnu al-Nuhas, Qadhi Hanafi Qadhi
Mesir Ibnu al-Hariri, Ibnu Zamlakani dan Al-Dzahabi.[5]
Namun, sayangnya beliau terpengaruh faham kaum musyabbihah dan mujassimah
dalam bidang ushuluddin yang menyebabkan dia dihujat dan dianggap menyimpang
dari ajaran Rasulullah saw.[6] Bahkan,
keyakinan tasybih ini mengantarkannya
pada jeruji besi hingga akhir hayatnya.[7]
Penyimpangan fatwa Ibnu
Taimiyah juga terjadi dalam bidang fiqh. Beliau banyak memberi fatwa yang
keluar dari garis madzhab Hanbali. Meskipun demikian, beliau tidak pernah
memproklamirkan diri sebagai mujtahid mutlak. Beliau tetap komitmen terhadap
garis-garis ushul yang dibangun dalam madzhab Hanbali.[8]
[5] Imam Al-Dzahabi mengungkapkan rasa kagumnya atas kemampuan dan
kecerdasan gurunya dalam kitab al-‘Uluw berdasarkan manhaj Ibnu Taimiyah.Namun
kekaguman beliau ini pupus setelah mengetahui penyimpangan-penyimpangan yang
dilakukan oleh Ibnu Taimiyah. Beliau meralat pendapatnya tentang Ibnu Tamiyah
dalam kitab Bayan Zaghl al-Ilmi wa al-Thalab dan kitab al-Nashihah
al-Dzahabiyyah li Ibn Taimiyah.
[7] Kisah dipenjaranya Ibnu Taimiyah terdapat
dalam literatur kitab mu’tabar seperti Ad-Duraru Al-Kaminah karya Ibnu Hajar, kitab Nihayah Al-Arab Fi Funun Al-Adab karya
As-Syeikh Syihabuddin An-Nuwairy wafat 733H cetakan Dar Al-Kutub Al-Misriyyah. Dengan referensi kitab di atas, Al-Katibiy dalam http://ibnu-alkatibiy.blogspot.com/2011/12/kisah-taubatnya-ibnu-taimiyah-di-tangan.html (dengan perubahan redaksi dari penulis) sebagai
berikut:
" Pada tanggal 8 Rajab tahun 705, diadakan sidang tentang penyimpangan ajaran Ibnu Taimiyah dengan
pembacaan kitabnya yang berjudul “Aqidah Al-Wasithiyyah”. Ketika sidang terjadi perdebatan panjang yang akhirnya banyak pembahasan
yang belum diselesaikan pada hari berikutnya
Pada tanggal 6 Rabi'ul
Awwal tahun 707, Ibnu Taimiyyah menyatakan taubatnya dari akidah dan ajaran
sesatnya di hadapan para ulama Ahlus sunnah wal jama'ah dari kalangan empat
madzhab, bahkan ia membuat perjanjian kepada para ulama dan hakim dengan tertulis
dan tanda tangan untuk tidak kembali ke ajaran sesatnya. Surat perjanjian tersebut adalah:
الحمد الله، الذي أعتقده أن في القرءان معنى قائم بذات
الله وهو صفة من صفات ذاته القديمة الأزلية وهو غير مخلوق، وليس بحرف ولا صوت،
وليس هو حالا في مخلوق أصلا ولا ورق ولا حبر ولا غير ذلك، والذي أعتقده في قوله: ?
الرحمن على آلعرش آستوى ? [سورة طه] أنه على ما قال الجماعة الحاضرون وليس على
حقيقته وظاهره، ولا أعلم كنه المراد به، بل لا يعلم ذلك إلا الله، والقول في
النزول كالقول في الاستواء أقول فيه ما أقول فيه لا أعرف كنه المراد به بل لا يعلم
ذلك إلا الله، وليس على حقيقته وظاهره كما قال الجماعة الحاضرون، وكل ما يخالف هذا
الاعتقاد فهو باطل، وكل ما في خطي أو لفظي مما يخالف ذلك فهو باطل، وكل ما في ذلك
مما فيه إضلال الخلق أو نسبة ما لا يليق بالله إليه فأنا بريء منه فقد تبرأت منه
وتائب إلى الله من كل ما يخالفه وكل ما كتبته وقلته في هذه الورقة فأنا مختار فى
ذلك غير مكره.((كتبه أحمد بن تيمية) وذلك يوم
الخميس سادس شهر ربيع الآخر سنة سبع وسبعمائة
" Segala puji bagi Allah yang aku yakini bahwa di dalam Al-Quran memiliki makna yang berdiri dengan Dzat Allah Swt yaitu sifat dari sifat-sifat Dzat Allah Swt yang maha dahulu lagi maha azali dan al-Quran bukanlah makhluq, bukan berupa huruf dan suara, bukan suatu keadaan bagi makhluk sama sekali dan juga bukan berupa kertas dan tinta dan bukan yang lainnya. Dan aku meyakini bahwa firman Allah Swt " الرحمن على آلعرش آستوى adalah apa yang telah dikatakan oleh para jama'ah (ulama) yang hadir ini dan bukanlah istawa itu secara hakekat dan dhohirnya, dan aku pun tidak mengetahui arti dan maksud yang sesungguhnya kecuali Allah Swt, bukan istawa secara hakekat dan dhohir seperti yang dinyatakan oleh jama'ah yang hadir ini. Semua yang bertentangan dengan akidah I ni adalah batil. Dan semua apa yang ada dalam tulisanku dan ucapanku yang bertentangan dari semua itu adalah batil. Semua apa yang telah aku gtulis dan ucapkan sebelumnya adalah suatu penyesatan kepada umat atau penisbatan sesuatu yang tidak layak bagi Allah Swt, maka aku berlepas diri dan menjauhkan diri dari semua itu. Aku bertaubat kepada Allah dari ajaran yang menyalahi-Nya. Dan semua yang aku dan aku ucapkan di kertas ini maka aku dengan suka rela tanpa adanya paksaan. "Telah menulisnya : (Ahmad Ibnu Taimiyyah) Kamis, 6 Rabiul Awwal 707 H.
Di atas surat pernyaan itu telah ditanda tangani di bagian atasnya oleh Ketua hakim: Badruddin bin jama'ah.
Pernyataan ini telah
disaksikan, diakui dan ditanda tangani oleh : Muhammad bin Ibrahim Asy-Syafi'i,
Abdul Ghoni bin Muhammad Al-Hanbali; Ahmad bin Rif'ah (pengarang kitab
Al-Matlabu Al-'Aali " syarah dari kitab Al-Wasith imam Ghozali sebanyak 40
jilid); Abdul Aziz An-Namrowi; Ali bin Miuhammad bin Khoththob Al-Baji
Asy-Syafi'I; Hasan bin Ahmad bin Muhammad Al-Husaini; Abdullah bin jama'ah;
Muhammad bin Utsman Al-Barbajubi. Mereka semua adalah para ulama besar di masa
itu.
Namun, karena Ibnu Taimiyah melanggar perjanjian tersebut dengan tetap
menyampaikan ajaran yang sesat, maka berulang-ulang di penjara hingga akhir
hayatnya pada tanggal 22 Dzulqo'dah tahun 728 H.